Langsung ke konten utama

makalah sejarah dunia : peradaban lembah sungai kuning


PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING
D
I
S
U
S
U
N

KHAIRINA (511102479)






FAKULTAS ADAB
JURUSAN ASK
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI AR-RANIRY
2012

KATA PENGANTAR

            Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan kesehatan kepada Saya sehingga Saya dapat menyelesaikan makalah. Shalawat serta salam tidak lupa Saya limpahkan kepada baginda alam kita          Nabi            Muhammad     SAW.
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Sejarah Dunia dengan judul “peradaban Lembang sungai kuning”. Makalah ini menjelaskan tentang peradaban tertua di Cina.

            Meskipun banyak hambatan yang Saya dapatkan, tidak menjadi penghalang dalam penyusunan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu Saya dalam menyusun makalah ini.

            Semoga makalah ini bermanfaat, khususnya bagi mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ini dan umumnya bagi masyarakat.


Darussalam,  10 November 2012

Penyusun

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
B.     TUJUAN PENULISAN
C.     RUMUSAN MASALAH
BAB II PEMBAHASAN
A.    LETAK GEOGRAFIS
B.     PENINGGALAN KEBUDAYAAN
a)      SISTEM PERTANIAN
b)      BIDANG PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
c)      SISTEM PEMERINTAHAN
d)     FILSAFAT
e)      KEBUDAYAAN
f)       KEPERCAYAAN
BAB III PENUTUP
A.    KESIMPULAN
B.     SARAN
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Sungai Kuning atau Hwang-Ho bersumber di daerah pegunungan Kwen-Lun di Tibet. Setelah melalui daerah pengunungan Cina Utara, sungai panjang yang membawa lumpur kuning itu membentuk dataran rendah Cina dan bermuara di Teluk Tsii-Li di Laut Kuning. Sedang di dataran tinggi sebelah selatan mengalir Sungai Yang Tse Kiang yang berhulu di Pegunungan Kwen-Lun (Tibet) dan bermuara di Laut Cina Timur. Negeri Cina terletak di Asia Bagian Timur. Di sebelah barat dan utaranya berbatasan dengan daerah Siberia dan Mogolia (Gurun Gobi).
Hal yang paling menonjol dari peradaban ini adalah lahirnya system pemerintahan berdinasti dan beberapa kemajuan di berbagai bidang misalnya pertanian, teknologi, ilmu pengetahuan dan kepercayaan.
Sungai kuning juga termaksud dalam daerah yang sering mengalami berbagai macam musibah.

B.     TUJUAN PENULISAN
Supaya mahasiswa mengetahui peradaban kuno dan tau pengaruhnya terhadap kehidupan  hari ini serta berusaha meneladani apa-apa yang baik dalam peradaban kuno di Cina ini.

C.     RUMUSAN MASALAH
1.      Dimana letak Huang ho?
2.      Apa saja peninggalan kebudayaannya?
3.      Dinasti apa saja yang pernah berkuasa?
4.      Bagaimana perkembangan filsafatnya?
5.      Apa hal yang menarik dari  peradaban mereka mereka?


BAB II
PEMBAHASAN
A      Letak geografis sungai Kuning(Huang-Ho)
Perhatikan peta berikut ini :
yangtze-river-map2.jpg
Sungai Kuning atau Hwang-Ho  yang sekarang disebut Huang He bersumber di daerah pegunungan Kwen-Lun di Tibet[1]. Setelah melalui daerah pengunungan Cina Utara,  Sungai Hwang Ho disebut sebagai Sungai Kuning karena membawa lumpur kuning sepanjang alirannya[2], sungai panjang yang membawa lumpur kuning itu membentuk dataran rendah Cina dan bermuara di Teluk Tsii-Li di Laut Kuning. Sedang di dataran tinggi sebelah selatan mengalir Sungai Yang Tse Kiang yang berhulu di Pegunungan Kwen-Lun (Tibet) dan bermuara di Laut Cina Timur. Negeri Cina terletak di Asia Bagian Timur. Di sebelah barat dan utaranya berbatasan dengan daerah Siberia dan Mogolia (Gurun Gobi).
Pada daerah lembah sungai yang subur inilah kebudayaan bangsa Cina berawal.  Dalam sejarah, daerah tersebut menyulitkan masyarakat Cina kuno untuk melaksanakan aktivitas hidupnya karena terjadinya pembekuan es di musim dingin dan ketika es mulai mencair akan terjadi banjir serta air bah Berbagai kesulitan dan tantangan tersebut mendorong bangsa Cina untuk berpikir dan mengatasinya dengan pembangunan tanggul raksasa di sepanjang sungai tersebut.
            http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/4f/Yellow_river_-_A._Holdrinet.jpg/220px-Yellow_river_-_A._Holdrinet.jpg Gambar : aliran sungai Kuning, Sungai terpanjang di dunia setelah Sungai Nil[3].
            keadaan Alam di Cina sangat heterogen karena Cina adalah wilayah yang luas,  Cina terbentang dari Siberia hingga Daerah yang beriklim Tropis dan dari Samudra Fasifik hingga mencapai Jantung Asia Tengah.  Iklim di Cina bervariasi, daerah Selatan dan Timur beriklim kering, utara di pengaruhi oleh iklim tropis yang panas.[4]
B    Peninggalan Kebudayaan
a)      Sistem Pertanian
Pada bagian hilir dari Sungai Kuning, terdapat dataran rendah Cina yang subur dan merupakan pusat kehidupan bangsa Cina. Masyarakat Cina umumnya bercocok tanam gandumpaditehjagung, dan kedelai. Kegiatan pertanian Cina Kuno memang sudah dikenal sejak zaman Neolitikum (±5000 SM) dan tanaman pangan utama yang ditanam adalah padi. Pada zaman perunggu, prioritas pokok dalam pertanian rakyat Cina adalah padi, tehkacang kedelai, dan rami[5]. Kegiatan pertanian mengalami kemajuan pesat dalam pemerintahan Dinasti Chin (221-206 SM). 
Dimasa itu,masyarakat Cina telah menerapkan sistem pertanian yang intensif dengan penggunaan pupukirigasi yang baik, dan perluasan lahan gandum.  Pada masa ini lahan gandum sudah diusahakan secara luas. Daerah lembah sungai Hoang Ho dan Yang tse Kiang merupakan daerah yang subur, sehingga sangat cocok untuk bercocok tanam. Selain itu , pasokan air untuk pertanian sangat cukup. Berbagai hasil pertanian seperti padi, jagung, kedelai, pohon murbai, dan teh telah dihasilkan di daerah tersebut. Masyarakat Lembah Sungai Kuning telah terbentuk ribuan tahun yang lalu sebagai masyarakat agraris. Kebudayaan agraris mapan yang telah membentuk karakter bangsa Cina selanjutnya berawal dari daerah ini.
b)      Bidang pengetahuan dan Teknologi
Bumi Cina mengandung berbagai barang tambang seperti batu bara, besi, timah, wolfram, emas dan tembaga, yang sebagian besar terdapat di daerah Yunan. Pembuatan barang-barang seperti perhiasan, perabotan rumah tangga, alat-alat senjata seperti pisau, pedang, tombak, cangkul, sabit dan lain-lain, menunjukan tingginya tingkat perkembangan teknologi masyarakat Cina pada saat itu. Bangsa Cina sejak zaman dahulu kala telah terkenal keahlianya dalam Pembuatan Keramik, serta pemproduksi kain sutera, alat-alat senjata, pekakas rumah, perhiasan, membuat perahu layar. Dalam perdagangan internasional keramik dan kain sutera selalu menjadi barang komoditas Cina yang paling utama.
Dalam bidang lain, seperti pembuatan kertas dan mesin cetak sederhana, Jauh sebelum kertas dipakai di dunia Barat. TsaiLun telah mengembangkan kertas di Cina. Demikian pula mesin cetak sederhana, juga pertama kali dibuat oleh orang-orang Cina. Cina juga dikenal sebagai bangsa yang sudah mengenal kompas, sebelum bangsa Barat menggunakannya, menggunakan ilmu astronomi sehingga bisa menyusun kalender. Demikian pula dengan mesiu, dan roket.  Cina telah mengenalnya sejak jaman kuno, namun yang mengembangkan kemudian justru orang-orang Barat.
Cina memiliki seni arsitektur yang sangat hebat, seperti kuil Dewa Langit di Peking dan Pagar tembok Besar Cina. Seni arsitektur lain yang juga terkenal adalah istana-istana kaisar Cina. Ketika pengaruh Cina telah sampai di Korea dan Jepang, maka seni arsitektur Cina juga diadopsi oleh bangsa Jepang. Hal ini terlihat dari tipe dan corak bangunan kuil dan istana raja atau kaisar, baik di Korea maupun Jepang yang jelas-jelas meniru arsitektur Cina.
Masyarakat Cina sudah mengenal tulisan, yaitu tulisan gambar. Tulisan gambar itu merupakan sebuah lambang dari apa yang hendak ditunjukkan. Tulisan itu merupakan salah satu sarana komunikasi. Untuk memupuk rasa persatuan dan rasa persaudaraan, pada permulaan abad ke-20 dikembangkan pemakaian bahasa persatuan, yaitu bahasa Kuo-Yu.
Huruf Cina dikenal dengan sebutan Piktograf.[6]Huruf Cina ini berkembang baik di Korea maupun jepang. Di Jepang huruf Cina dimodifikasi menjadi huruf Kanji, sedangkan di Korea pemakaiannya telah mengalami penyempurnaan sesuai  tradisi bangsa Korea.
c)      sistem Pemerintahan
Sistem pemerintahan di Cina ada dua yaitu sistem Feodal dan system unitaris[7]. Adapun dinasti-dinasti yang berkuasa pada masa cina kuno yaitu :
Ø  Dinasti Chang, dinasti ini merupakan dinasti pertama, berakhir tahun 1766 SM, .catatan-catatan tentang dinasti iini terdapat di bejana perunggu, tempurung kura-kura dan tulang binatang. Tulisan-tulisannya bertuliskan pertanian, perikanan, pemburuan, dan peninggalannya berupa bejana perunggu, persenjataan, kereta kuda.[8] Berdasarkan cerita rakyat Cina, pada zaman dinasti Syang telah berkembang sistim kepercayaan memuja para dewa. Dewa tertinggi yang bernama Dewa Shang-Ti.
Ø  Dinasti Chou adalah dinasti yang berkuasa di Cina setelah dinasti Shang[9], menganut system feodal dan pada masa ini pula lahir para filsuf terkenal.
Ø  Dinasti chin adalah dinasti yang   Dinasti ini didirikan oleh raja Cheng yang bergelar Shih Huang Ti. Untuk menghalang-halangi gerakan-gerakan dari bangsa pengembara yang berada di sebelah utara negeri Cina, Shih Huang Ti memerintahkan untuk membangun tembok besar cina yang dikerjakan selama kira-kira 18 abad dan berakhir pada zaman Dinasti Ming (abad ke-17 M). Setelah Shih Huang Ti meninggal pada tahun 210 SM, para gubernur dari tiap-tiap provinsi berusaha untuk merebut kekuasaan tertinggi di Cina. Dalam keadaan kacau itu, Liu Pang muncul bersama pasukannya dan berhasil mengalahkan lawan-lawannya dan mengatasi kekacauan tersebut. Setelah berhasil menduduki tahta kekaisaran, selanjutnya Liu Pang mendirikan dinasti baru bernama Dinasti Han. Pada masa kekuasaan dinasti ini, ajaran Kong Fu Tse mulai diterapkan dan dikembangkan lagi.
Ø  Dinasti Han didirikan oleh Liu-pang. Dinasti Han mencapai masa kejayaannya di bawah pemerintahan kaisar Han Wu Ti. Kerajaan Cina meliputi Asia Tengah, Korea, Mansyuria Selatan, Anam, Sinking. Setelah kaisar Han Wu Ti meninggal pada tahun 87 M, Dinasti Han mengalami kemunduran dan akhirnya runtuk pada tahun 221 M. ketika terjadi kekacauan bangsa tartar menyerang Cina, dan akhirnya sebagian negeri Cina dapat dikuasainya. Namun pada abad ke-7 M negeri Cina berhasil dipersatukan kembali di bawah pemerintahan kaisar-kaisar dari Dinasti T’ang.
Ø  Kerajaan T’ang didirikan oleh Li Shih Min yang terkenal dengan nama Kaisar T’ang T’ai Tsung. Ia memperluas wilayah kekuasaannya ke luar negeri Cina seperti selatan menguasai Ton-kin, Annam dan Kamboja. Ke sebelah barat menguasai Persia dan laut Kaspia. Di bawah kekuasaan T’ang T’ai Tsung, dinasti T’ang mencapai masa kejayaannya. Pada bidang seni syair dan seni lukis terdapat seniman-seniman yang terkenal seperti Li Tai Po, Tu Fu, dan Wang Wei.
Tindakan-tindakan kaisar T’ang T’ai Tsung yang menarik perhatian rakyatnya adalah sebagai berikut:
·         Dikeluarkannya undang-undang yang mengatur pembagian tanah.
·         Membuat peraturan-peraturan pajak.
·         Membagi Kerajaan Cina menjadi 10 Provinsi.
Pada abad ke-10 M, dinasti T’ang runtuh dan negeri Cina kembali mengalami kekacauan dan silih berganti raja-raja memerintah. Baru pada tahun 960 kekacauan ini berhasil diatasi dan selanjutnya berdiri Dinasti Sung.
d. Filsafat
Filsafat Cina berkembang pada masa pemerintahan Dinasti Chou. Pada masa itu lahir tiga ahli filsafat Cina, yakni Lao Tse, Kong Fu Tse, dan Meng Tse.
(1)          Ajaran Lao Tse tercantum dalam bukunya yang berjudul Tao Te Cing. Lao Tse percaya bahawa ada semangat keadilan dan kesejahteraan yang kekal dan abadi, yaitu bernama Tao. Ajaran Lao Tse bernama Taoisme.

(2)    Ajaran Kong Fu Tse berdasarkan Tao juga. Menurut ajaran Kong Fu Tse, Tao adalah sesuatu kekuatan yang mengatur segala-galanya dalam alam semesta ini, sehingga tercapai keselarasan.

(3)    Meng Tse (372-280 SM) adalah seorang murid Kong Fu Tse yang
melanjutkan ajaran gurunya.
                              e. Kebudayaan
            Karya sastra berkembang pesat di Cina,  dinasti shin shing berupa karya puisi klasik, shu ching sejarah klasik dan lain-lain. selain itu ada juga peninggalan-penilnggalan :
Kuil
Salah satu kuil yang terkenal di Cina bernama Kuil Dewa Beijing. Terbuat dari batu pualam yang dikelilingi tiga pelataran yang amat indah serta di bagian tengah terdapat tangga yang terbuat dari batu pualam pilihan. Atap bangunan dibuat berlapis tiga.
Istana
Istana kaisar atau raja Cina dibangun dengan sangat megah dan indah. Tujuannya sebagai tanda penghormatan terhadap raja atau kaisar.
Seni Lukis
Perkembangan seni lukis sangat pesat, bahkan lukisan-lukisan hasil karya dari tokoh-tokoh ternama menghiasi dinding tembok istana atau kuil-kuil.
f. Kepercayaan[10]
            Masyarakat Lembah Sungai Kuning pada awalnya menyembah Dewa Langit yang dipimpin oleh raja – raja mereka. Hal yang sama juga dilakukan oleh bangsa Mesir, Mesopotamia, serta bangsa Maya sekitar 4000 SM. Dalam perkembangan selanjutnya, sekitar 1750 SM telah berdiri negara-negara kota di Cina. Mereka dipimpin oleh seorang raja yang merangkap sebagai imam agama. Dalam pandangan masyarakat Cina, raja dianggap sebagai perantara bagi bumi terhadap langit Oleh karena itu, di sekitar kehidupan raja selalu dikeramatkan. Untuk mengadakan upacara-upacara, maka dibangun kuil-kuil yang tersebar di berbagai tempat di Cina. Masyarakat Lembah Sungai Kuning dalam kehidupan sehari-hari juga sangat menghormati nenek moyang dan kekuatan-kekuatan alam yang berpengaruh besar terhadap kehidupan manusia, seperti guntur, kilat, sungai, binatang, matahari dan gempa.
            Dewa orang Cina yaitu Feng-pa(dewa angin), Lei-shin(dewa angin taufan), t’ai-shan(penguasa bukit suci) ho-po.
            Hal yang menarik dari peradaban sungai kuning.
Ajaran-ajaran Filsafatnya yang  sampai sekarang dipakai sebagai pegangan hidup orang-orang Cina, sehingga lahirlah agama Tao dan Kong Hu Chu, mendampingi Budha.  Kepercayaan Orang Cina terhadap kekuatan alam sehingga mereka tidak semena-mena dalam menggunakan segala sesuatu yang ada di alam.
Sungai kuning di Cina utara ini di kenal juga segala derita cina karena setiap kali banjir, sungai ini menyebabkan banyak kerugian, misalnya pada tahun 2297 SM, jumlah korban yang di sebabkan oleh Sungai ini tidak terhitung banyaknya.[11]


BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Dari peradaban sungai Kuning ini dapat di simpulkan bahwa  Cina adalah Negara yang maju sejak dahulu kala dan peradabannya pernah mengalami pasang-surut begitu juga dengan kehidupan manusia manusia, ada yang senang dan susah namun harus selalu berusaha memperbaiki semua aspek kehidupan.
Masyarakat Lembah Sungai Kuning dalam kehidupan sehari-hari juga sangat menghormati nenek moyang dan kekuatan-kekuatan alam yang berpengaruh besar terhadap kehidupan manusia, seperti guntur, kilat, sungai, binatang, matahari dan gempa sehingga orang-orang sekarang wajib menghormati alam seperti yang di lakukan oleh masyarakat cina lampau, dan tetap bersyukur pada Tuhan yang maha esa.

B.     SARAN
Bagi para yang telah mempelajari bab ini di harapkan untuk menghargai alam, dan menghargai peninggalan yang ada serta tidak mengulangi kebodohan yang dulu di lakukan.

           
           




[1] Sejarah untuk SMA dan MA jilid 1 halaman 153
[2] Rika moniarti.2002. sejarah peradaban kuno.Mitra sarana : Bandung halaman 23

[3] Rika moniarti.2002. sejarah peradaban kuno.Mitra sarana : Bandung halaman 23

[4] Irfan taniputera. 2011. History of china : Yogyakarta halaman 22
[5] Rika moniarti.2002. sejarah peradaban kuno.Mitra sarana : Bandung halaman 24
[6] dimana setiap huruf bukan merupakan lambang bunyi, melainkan memiliki arti tertentu sumber Wolfram Eberhard (2008). History of China. Routledge. ISBN 978-0-415-36148-4, wordpress di akses 8 November 2012
[7] feodal : urusan Negara tidak di tangani langsung oleh kaisar; unitaris : kaisar berkuasa mutlak dalam pemerintahan
[8] Rika moniarti.2002. sejarah peradaban kuno.Mitra sarana : Bandung halaman 24


[10] Hegel, Filsafat sejarah(terjemahan), 2011 : Pustaka pelajar  halaman 167
[11] Stepen J.Spignesi, 2006. 100 Bencana sepanjang Masa. Karisma Publishing group : Batam halaman 59


DAFTAR PUSTAKA
Rika moniarti.2002. sejarah peradaban kuno.Mitra sarana : Bandung
Irfan taniputera. 2011. History of china : Yogyakarta
Arnold Toynbee. 2006. Sejarah Umat Manusia. Pustaka pelajar : Yogyakarta
Wolfram Eberhard (2008). History of China. Routledge. ISBN 978-0-415-36148-4, wordpress di akses 8 November 2012
Stepen J.Spignesi, 2006. 100 Bencana sepanjang Masa. Karisma Publishing group : Batam
Hegel. G.W.F. 2011. Filsafat sejarah. Pustaka pelajar : Yogyakarta





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prasangka

  Meski sudah belajar banyak, meski sudah tau tips ini itu, sungguh tidak mudah bagi seorang perempuan mengatasi perasaannya sendiri, rasanya teramat mustahil baginya setiap kali ia mengalami guncangan perasaan. Jun dan Wi jarang bertengkar, selama LDRan, Dunia yang berada dalam resesi membuat mereka semakin kalut dengan pertahanan masing-masing. Rencana pernikahan harus ditunda, keadaan tidak memungkinkan. Biasanya salah satu dari mereka mengalah agar tidak terjadi pertengkaran hebat, tapi tidak malam itu, mereka sama-sama jenuh.  "Aku capek sekali, berusaha sebisa mungkin  untuk niat baik. Tapi barangkali kau memahaminya berbeda" teriak Jun diseberang sana  "Kalo kau capek : berhentilah" Wi balas berteriak "Cari uang untuk bisa melamarmu siang dan malam, yakinkan Umi, mama, kamu, dan bahkan meyakinkan dirimu juga aku, semuanya harus kulakukan sendiri. Aneh, bukannya kau yang terdengar ingin berhenti" "Dan aku ga pernah ada bersama kau?" "J

makalah peradaban romawi kuno

PERADABAN ROMAWI Di susu n oleh : NAMA                                             : NONI PURNAMASARI NIM                                                 : 511102 495 DOSEN PEMBIMBING                : ASMANIDAR M.Ag FAKULTAS ADAB INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI JURUSAN ADAB SEJARAH KEBUDAYAAN IAIN AR-RANIRY BANDA ACEH 201 2 KATA PENGANTAR             Alhamdulillah, berkat nikmat Allah dan segala karunia-Nya yang di limpahkan kepada Saya sehingga Saya dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawat kepada Rasullullah yang telah mengajari saya untuk tetap tekun dalam melaksanakan aktivitas kuliah yang termaksuk ibadah ini. Adapun tujuan makalah ini di buat adalah tidak lain dan tidak bukan untuk melengkapi tugas mitem test dalam mata kuliah Sejarah dunia semester 3  di Ju rusan Adab Sejarah Kebudayaan .             Ucapan terima kasih kepada Dosen pembimbing yang telah mengajarkan Saya untuk mengerjakan tugas tepat waktu dan menyelesaikannya dengan segenap kemamp

Cerita Film : Jembatan Pensil

Film Jembatan pensil. Latar belakang dari film ini adalah suasana di perkampungan suku Muna, Sulawesi Tenggara. Menariknya, film yang mengangkat kisah Ondeng, si anak berkebutuhan khusus tapi selalu setia pada teman-temannya. Empat sekawan itu bernama Inal, Aska, Nia dan Ondeng berjuang mencari pendidikan dari guru mereka di sebuah sekolah gratis. Inal dan Ondeng sama-sama memiliki kekurangan fisik dan mental. Inal adalah anak tuna netra, sedangkan Ondeng terbelakang secara mental. Keterbatasan yang mereka miliki tak pernah sedikitpun melunturkan niat mereka mencari pendidikan. Ondeng, sangat pintar menggambar. Semua dia gambar salah satu gambarnya adalah jembatan yang sering di lewati oleh teman-temannya. Ondeng rajin sekali menabung, sebab jembatan yang teman-temannya lewati sudah sangat rapuh. Ia ingin menganti jembatan itu. Namun, uang Ondeng belum cukup untuk membuat jembatan malah suatu hari jembatan itu  rubuh saat mereka melintas. Ondeng yang rumahnya lebih jauh dan selal