Langsung ke konten utama

Teach Like Finland (Karya : Timothy D. WALKER) : Cerita buku


Rasanya kelar ngak kelar saat membaca buku ini, tapi akhirnya kelar juga. Beberapa catatan yang bisa dikutip dari buku ini

  • Seorang guru harus ada Rasa dimiliki :

1. Menjalin hubungan baik dengan rekan kerja
2. Mengenal setiap anak
3.bermain dengan murid-murid
4.merayakan pembelajaran mereka
Misalnya anak berhasil menyelesaikan kelas memasak dengan baik maka perayaannya adalah makan bersama hasil tersebut. Mereka baru belajar tarian maka setelah itu anak-anak boleh menampilkan tariannya di hadapan guru sebagai perayaannya.
5. Menghapus bullying
Rasa memiliki tidak tumbuh selama masih ada bullying maka hapuskan itu sebelum di mulai. Mencegah dengan punya mimpi untuk kelas bersama siswa.
6. Berkawan
Sekolah di Filandia menerapkan pemburuan kepada anak kelas 1. Yaitu berburu kakak kelas 6 yang dijadikan teman untuk membantu mereka belajar. Anak-anak kelas 1 diminta berteman dengan kelas 6 sedangkan kelas 6 berteman dengan kelas 1 untuk menjadi sahabat sekaligus panutan bagi mereka

  • Bagaimana mendesain kelas yang menyenangkan?

Menyederhanakan Ruang
Ruang kelas yang terlalu banyak dekorasi membuat anak kurang fokus (penelitian 2014, universitas Carnigie Mellon) terutama untuk kelas bawah dan prasekolah. Sebaiknya ruang kelas tidak terlalu banyak dekorasi lebih bagus jika yang ditampilkan adalah karya siswa. Dinding-dinding di kelas adalah kualitas siswa bukan sebaliknya (hasil karya guru). Selain itu penting untuk kelas tetap rapi serta menghemat waktu untuk dekorasi. Sehingga guru/siswa tidak merasa eneg saat berada di kelas selama satu semester.

  • PENGUASAAN

Penguasaan terhadap suatu hal adalah kebutuhan kita. Ada beberapa strategi penguasaan yaitu :1. Ajarkan Hal-Hal yang mendasar. Hal mendasar ini bisa didapatkan pada buku pegangan.2. Memasukkan musik dalam pengajaran. Musik dapat mempengaruhi sistem syaraf untuk menciptakan pelajar lebih baik3. Menjadi pelatih bagi murid-murid.4. Buktikan pembelajaran yang sesuai dengan kehidupan5. Diskusikan nilai akhir apa yang diinginkan murid dan nilai yang anda inginkan.

  • Mencari Flow

Flow menurut Ahli psikologi Mihaly Csikszentmi halyia adalah sepenuhnya terlibat dalam sebuah aktivitas yang menyenangkan.

  1. Pola Fikir
  2. Berkulit tebal. Artinya mempunyai kepercayaan diri dalam keahlian sebagai seorang guru tanpa mengabaikan masukan dari orang lain.
  3. Kolaborasi lewat kopi. Artinya sambil duduk dan berkopi bisa mengajak guru lain untuk bekerjasama supaya pekerjaan jadi ringan namun Kolaborasi ini diawali dengan alami dan santai.
  4.  Menyambut para ahli. Artinya tidak menutup kemungkinan pada guru tamu yang lebih ahli untuk membimbing kelas.
  5. Melepaskan diri untuk berlibur. Saat libur maka benar-benar liburan, nikmati untuk mengisi ulang tenaga. Nikmati waktu lebih banyak dengan keluarga atau melakukan hobi anda
  6. Jangan lupa bahagia

    Kebahagianlah yang membuat orang-orang tetap bekerja dan di manapun bekerja tetap priorotaskan bahwa anda harus bahagia dengan pekerjaan Anda
Timothy D. WALKER memprioritaskan kebahagiaan di kelasnya, bagaimana dengan Anda?
Demikian catatan dari buku Mengajar seperti Finlandia yang saya baca. Sampai jumpa di cerita buku selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk ke Bendungan Brayen, Aceh Besar

Nita Juniarti AcehNews.net –  Bendungan Brayen merupakan hasil dari ekspresi keindahan alam dengan perbuatan manusia. Bendungan ini berada di Leupung, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh jaraknya sekitar 30 Kilomoter  dari Banda Aceh. Tidak sulit mencarinya, melewati jalur pantai Barat-Selatan, nanti Anda akan menemukan papan bertuliskan  “Wisata Brayen”. Kemudian dari arah pintu masuk tersebut Anda bisa terus berjalan ke lokasi wisata, lebih kurang 100 meter. Ada yang view yang indah saat Anda melintas di jalan masuk tersebut. Jalan lintasan masyarakat kampung yang masih alami ini akan memberi  landscape , sawah tadah hujan dan masyarakat yang berlalu lalang. Jika sedang musim hujan maka harus ekstra hati-hati saat melalui jalan ini. Nita Juniarti-Teman KPM PAR MAheng Biasanya tempat ini dikunjungi oleh keluarga, kaulah muda di hari libur khususnya pukul 15.00 yang paling ramai dikunjungi. Tiket masuknya hanya Rp2.000 per orang dan parkir dengan harga...

makalah ISBD : masyarakat Kota dan Desa

MASYARAKAT DESA DAN KOTA D I S U S U N Oleh : Kelompok III KHAIRINA                 (511102479) PARDI                                     (511102485) NURHASANAH         (511002209) FAKULTAS ADAB JURUSAN ASK INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI AR-RANIRY 201 2 KATA PENGANTAR              Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan kesehatan kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah. Shalawat serta salam tidak lupa kami limpahkan kepada baginda alam kita           Nabi             Muhammad ...

Strategi yang digunakan Nabi Muhammad dalam Perang Uhud

Oleh : Nita Juniarti * Abstrak        Artikel ini memberikan gambaran tentang peristiwa perang Uhud. Perang Uhud adalah perang kedua setelah Badar yang diikuti oleh Nabi Muhamad S.A.W.   Dinamakan Perang Uhud karena Perang ini terjadi di gunung Uhud. Dalam sebuah peperangan tentu saja ada strategi yang digunakan, dalam banyak buku di tulis bahwa pada Perang ini Umat Islam menderita kekalahan dengan strategi bertahan di Kota Madinah namun pada dasarnya Perang ini adalah perang pembersihan umat Islam dari orang-orang Munafik. Perang ini merupakan strategi pembersihan dan memurnikan orang-orang Islam dari orang yang berpura-pura sekaligus membersihkan kota Madinah dari golongan yang mengancam keutuhan Negara Madinah. Keyword : Strategi, Perang , Uhud. Pendahuluan Dalam kamus Bahasa Indonesia, Perang bearti ilmu siasat perang, siasat perang, akal atau tipu muslihat untuk mencapai sesuatu maksud dan tujuan yang telah direncankan. [1] Perang...